Cara Mudah Memperbaiki Atap Yang Bocor

Apa yang harus anda lakukan jika atap rumah anda bocor ketika turun hujan? Untuk memperbaiki atap yang bocor sebenarnya tidaklah terlalu sulit jika anda tahu caranya.

Menghadapi datangnya musim hujan, salah satu hal yang terpenting adalah memastikan bahwa tidak ada kebocoran pada atap rumah anda.
 Atap adalah salah satu bagian yang terpenting dalam sebuah bangunan rumah tinggal. Untuk itu, ketika terjadi kebocoran atau kerusakan pada atap rumah anda, tentu kenyamanan anda dan keluarga menjadi terganggu.

Untuk itulah kami  di sini mencoba membantu anda sedikit untuk mengatasi atap rumah yang bocor, agar ketika keluarga anda mengeluhkan adanya atap yang bocor, anda bisa diandalkan.

Sebelum kita menginjak pada bagian cara memperbaiki atap yang bocor, hendaknya kita mengetahui dulu bagaimana cara merawat atap rumah kita. Perawatan lebih baik dari pada perbaikan, betul kan?

Untuk perawatan atap rumah, maka hendaknya kita melakukan pengecekan setidaknya dalam jangka waktu 3 bulan sekali.
Apa yang harus kita lakukan dalam pengecekan rutin atap rumah ini?

Pengecekan dan perawatan rutin atap rumah meliputi :

  1. Membersihkan atap dari kotoran endapan pasir dan lumut yang bisa memicu keretakan  pada atap. Bersihkan juga talang air dari sampah dan kotoran lainnya, sehingga aliran air ketika turun hujan tidak tersumbat.
  2. Cek posisi genteng. Jika ada genteng yang turun atau bergeser, maka secepatnya anda betulkan kembali sebagaimana posisi semula.
  3. Pastikan bahwa kemiringan atap genting rumah anda sudah sesuai. Genteng keramik membutuhkan sudut kemiringan sekitar 30 derajat, sedangkan asbes butuh sekitar 15 derajat. Jika hal ini tidak anda perhatikan dengan baik, air hujan dan angin, bisa saja masuk melalui celah genteng. Genteng yang sudah retak, sebaiknya langsung diganti.
  4. Periksalah juga konstruksinya , apakah kondisinya masih kokoh aman dan belum berubah. 
Jika anda tidak bisa melakukannya sendiri, anda bisa membayar orang untuk mengerjakannya.

Cara Mudah Memperbaiki Atap Yang Bocor

  1. Langkah pertama untuk mengatasi atap yang bocor adalah mencari sumber kebocoran. Ini adalah pekerjaan yang tidak semudah yang ada bayangkan. Terkadang tempat jatuhnya tetesan air di lantai tidak serta merta menunjukkan di mana sumber kebocoran berada. Tidak berlaku pepatah "di mana tetesan air berada, di atasnyalah terdapat sumber kebocoran". Terkadang air yang masuk melalui celah genteng yang retak atau bergeser tidak langsung jatuh ke lantai, tetapi mengalir dahulu sepanjang plafon ataupun reng mencari - cari kesempatan, dimana ada lubang untuk menetes ke lantai. Jadi bisa jadi sumber kebocoran ada 2 meter dari lokasi terjadinya tetesan air ke lantai, maka WASPADALAH! 
  2. Cara Memperbaiki Atap Yang Bocor
  3. Carilah sumber kebocoran pada siang hari. Naiklah ke loteng rumah anda dengan membawa penerangan. Berhati - hatilah dari sambungan kabel yang terbuka. Ada baiknya anda mematikan listrik di rumah anda dengan cara mematikan sekringnya selama anda memperbaiki atap anda yang bocor. Telusurilah jejak - jejak bekas aliran air sampai anda menemukan sumber kebocoran.
  4. Memperbaiki kebocoran pada atap beton, asbes, atau sirap dikarenakan adanya retak rambut, dapat dilakukan dengan pemberian kawat kasa dan waterproof. Namun bagian retak yang lebih besar harus dilubangi dan kemudian diplester kembali.
  5. Mengatasi kebocoran pada dag beton juga bisa dengan memplester/ melapisi bagian yang kita curigai  sebagai sumber kebocoran dengan semen. Caranya:
    1.  Kita naik ke atas dag, beri lubang sedalam kira - kira 2 cm pada retak beton sumber kebocoran.
    2. Bersihkan dan lembabkan pada area tersebut, lalu oleskan lem beton disepanjang permukaan.
    3. Setelah setengah kering, isi celah yang retak dengan campuran semen baru .
  6. Jika sumber kebocoran adalah adanya genteng yang bergeser, maka tempatkanlah kembali sebagaimana mestinya. Jika karena ada genteng yang pecah, maka gantilah dengan genteng yang baru.
  7. Jangan lupa untuk memperbaiki plafon yang rusak karena terkena air yang bocor. Jangan biarkan plafon lembab, sebab bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal, seperti ambruknya plafon,
  8. Untuk mengurangi penyerapan panas dan mengurangi kerusakan karena air hujan, aluminium foil dengan ukuran 1-2 mm dapat dijadikan pelapis di antara plafon dan genteng.

Jika segala cara telah dicoba, akan tetapi selalu gagal, maka ada satu lagi cara unik untuk mengatasi atap yang bocor. Pakailah cara ini ketika anda telah menyerah dalam memperbaiki atap (terutama dag beton)  yang bocor di rumah anda. Bocor lagi dan bocor lagi.

Caranya? Lihat gambar di bawah ini:

cara unik mengatasi atap dag beton bocor
Mengatasi Atap Dag Bocor

Perhatikan gambar di atas! Gambar ini kami dapatkan di sebuah kantor instansi pemerintah. Mengatasi atap dag bocor dengan mengalirkan air tetesan kebocoran ke tempat yang aman.

Jadi intinya anda tidak menambal kebocoran, akan tetapi anda mengalirkan aliran air yang bocor ke tempat yang aman, agar tidak menetes ke plafon ataupun membasahi lantai. Caranya :

  1. Siapkan ember, dan pipa paralon ukuran secukupnya.
  2. Gantung ember tepat dibawah tetesan air yang bocor.
  3. Lubangi bagian bawah ember, sambung dengan pipa peralon untuk mengalirkan air tetesan yang jatuh ke ember ke tempat yang aman.
  4. Anda bisa mengalirkannya ke luar gedung/rumah dengan pipa pralon tadi, sehingga air bocoran atap tidak menetes ke bawah lagi, dan rumah anda terbebas dari air tetesan atap yang bocor. Selamat mencoba.

Dengan perawatan yang benar dan rutin, tentu anda tidak perlu lagi khawatir dengan masalah atap yang bocor. Ketika terjadi kebocoran, maka segera atasi, sebelum plafon anda menjadi lembab dan roboh.

Demikianlah cara memperbaiki atap yang bocor, semoga artikel ini membantu dan anda tidak perlu khawatir menghadapi datangnya musim penghujan.

Comments

  1. Kami ( 013-2461083 Mr Loh )menawarkan 24 Jam Service di KL and Selangor
    *Atap Bocor
    *tandas sumbat
    *baiki paip
    *sebarang saluran Sumbat
    *kerja-kerja eletrikal
    *mengecat
    dan macam2 lagi. boleh buat pada hari sabtu ahad atau lepas waktu pejabat mengikut kesesuaian masa anda.

    For enquries kindly whatapps / SMS / call number 0132461083 Loh

    sila simpan no ini tersebut mungkin suatu hari anda memerlukan perkhidmatan kecemasan dari kami .
    perkhidmatan setiap hari 7:00am - 9.30pm termasuk cuti umum .

    ReplyDelete
  2. Servis kerosakan rumah.atap bocor,paip tersumbat,renovation DLL... Call saya perak area 0134972068

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Cik bad pakar membaiki bumbung dan atap bocor
    Hubungi CIKBAD 0192626725

    ReplyDelete
  6. Kebiasaan pemilik rumah adalah pada musim hujan ketika kebocoran atap yang bocor diperbaiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biasanya pas kemarau belum ketahuan kalau bocor.

      Delete
  7. Arsitek Indo Kontraktor adalah satu-satunya solusi bagi anda yang mempunyai rencana membangun sebuah rumah, ruko, kost-kostan, toko, guest house, kantor, renovasi bangun dll. Dengan proses step by step, hasil jelas memuaskan dan professional di jamin yang terbaik. Konsultasi Gratis Siap datang ke tempat anda… BERGARANSI. Kunjungi Website Kami di https://jasaarsitekjogja.com

    ReplyDelete
  8. Penyedia jasa renovasi

    1. Bangun rumah hunian
    2. Renovasi rumah
    3. Pengecetan / Pagar / Kanopi
    4. Interior dll
    Hub watsapp : 0838 - 4307 - 4838

    Rumah sebagai hunian merupakan kebutuhan primer. Namun, dengan keterbatasan lahan, terutama di wilayah perkotaan, dan minimnya dana, banyak orang hanya mampu membeli rumah dengan lahan terbatas. Padahal, kebutuhan ruang semakin bertambah seiring bertambahnya jumlah anggota keluarga.
    Untuk itu, banyak pemilik rumah yang melakukan renovasi untuk menambah ruang atau mempercantik tampilan hunian mereka. Namun, dalam melakukan renovasi diperlukan perencanaan matang dan pengetahuan memadai. Tanpa itu, risiko biaya yang membengkak dan pelaksanaan renovasi yang kacau akan menanti di depan mata. Kita siap bantu untuk anda

    Hub whatsap : 0838-4307-4838
    https://free.facebook.com/JASA-Renovasi-RUMAH-380775396082902/

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"
Berkomentarlah dengan kalimat yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Share Lokasi Rumah Saat tidak Berada di Rumah

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Cara Mengurus Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS)

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Panduan Pemasangan Kabel Pada Stop Kontak (Dengan Gambar Step By Step)

Cara Mudah Mengecat Rak dari Kayu dan Triplek Untuk Pemula

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara Mengecat Tembok Dinding Baru Untuk Pemula

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN