Cara Agar Usaha Kecil Anda Tampil di Google Search dengan "Google Bisnisku"

Cara Agar Usaha Kecil Anda Tampil di Google Search
tampil di google search
Sebagai manusia, kita semua memiliki / dibekali sumber daya -walaupun berbeda- beda- untuk mengarungi kehidupan.

Ada yang memiliki sumber daya melimpah. Dia bisa melakukan apa saja yang bisa mendatangkan manfaat untuk dirinya. Ada juga yang memiliki keterbatasan sumber daya. Entah itu keterbatasan materi, keterbatasan fisik, keterbatasan kesempatan, dan lain - lain.

Semua hal di atas berlaku juga dalam dunia usaha. Ada yang memiliki sumber daya melimpah. Uang, properti, relasi, skill, dan lain - lain. Ada juga yang memiliki sumber daya terbatas. Uang pas - pasan, skill setengah - setengah, relasi tidak punya, dan keterbatasan lainnya.

Perbedaan ini tentu memiliki hikmah yang besar. Sebagian orang mendapat manfaat dari sebagian yang lain. Hidup ini menjadi dinamis.

Bagi orang yang memiliki sumber daya usaha yang melimpah, tentu semua relatif mudah untuk memulai usaha, mengembangkan usaha, bahkan mempertahankan dominasi terhadap pasarnya.

Lalu, bagaimana dengan orang yang memiliki keterbatasan sumber daya usaha?

Setidaknya orang - orang ini masih punya modal kesehatan, kesempatan, dan kemauan, maka selalu ada celah untuk membuka usaha dan mengembangkan usaha.
Walaupun celah itu terkadang benar - benar celah sempit dan tersembunyi.

Google, Bantuan Nyata Bagi Usaha Kecil Minim Sumber Daya.


Beberapa Keterbatasan Sumber Daya Usaha Orang Kecil

  1. Keterbatasan Modal Uang. Uang memang bukan hal pokok dalam memulai usaha. Tetapi setidaknya, orang yang memiliki uang lebih, akan lebih mudah dalam membeli bahan baku, membeli peralatan  produksi, memasarkan usaha, dan lain -lain. 
  2.  Keterbatasan Lokasi Usaha. Lokasi usaha juga bukan satu - satunya penentu keberlangsungan usaha kecil, tapi setidaknya, orang yang mampu mendapatkan lokasi yang tepat/ strategis, akan lebih mudah memasarkan usahanya.
  3. Keterbatasan relasi. Bagi anda yang cenderung menutup diri, introvert, tentu berinteraksi dengan orang lain adalah sesuatu yang membuat anda tidak nyaman. Akhirnya, anda tidak punya relasi yang cukup untuk memulai usaha, setidaknya anda akan lebih kesulitan dalam memulai usaha, dibanding mereka yang memiliki relasi yang luas.
Nah, bagaimana jika salah satu atau seluruhnya dari 3 keterbatasan itu ada pada anda? Kemudian terbayang kesulitan - kesulitan yang akan anda hadapi dalam melanjutkan kehidupan?

Google Menawarkan Bantuan Atas Keterbatasan Anda.

Anda tahu google kan? Saya tidak akan membahas siapa itu google, siapa pendirinya, di mana kantor pusatnya.  Saya akan sedikit menceritakan pengalaman pribadi mengenai apa yang bisa kita dapatkan dari google untuk mengatasi keterbatasan usaha yang telah saya sebutkan di atas.

Manfaat Google My Business Bagi Pelaku  UMKM, Usaha Kecil Benar - benar Kecil
Bagi anda pengusaha kecil - benar - benar kecil (tidak punya uang, tidak punya lokasi usaha, introvert dan tidak punya relasi) ada sedikit kabar baik untuk anda. Sedikit celah untuk berkembang.

Kini ada Google My Business , sebuah produk dari Google yang akan membantu anda khususnya dalam hal memasarkan produk / usaha anda pada lingkup lokal.

Saya tidak tahu pasti kapan produk ini dikeluarkan Google. Yang jelas, saya telah menggunakan dan merasakan manfaatnya sejak 3 bulan yang lalu.

Berikut ini yang akan Google My Business lakukan untuk bisnis anda

  1. Membantu anda memberitahu calon pelanggan anda melalui Google, mengenai profil usaha anda, jam buka, nomor kontak, situs web, alamat lengkap, serta jenis layanan / produk anda. Kita tahu, bahwa Google memiliki produk pendukung lainnya, seperti Google Search, Google Maps. Dengan ikut Google My Business, usaha anda akan mudah ditemukan calon pelanggan, baik melalui hasil penelusuran maupun Google Maps.
    manfaat google untuk UMKM
    tampilan bisnis kami di pencarian google maps
  2. Anda bisa dengan mudah memantau perkembangan usaha anda secara online dari mana saja anda berada, melalui aplikasi seluler yang disediakan Google My Business

  3. pemasaran usaha kecil dengan aplikasi
    Tampilan Aplikasi Seluler Bisnis Kami
  4. Anda bisa berinteraksi dua arah dengan pelanggan melalui foto bisnis  serta produk layanannya yang anda posting , begitu juga pelanggan bisa memberikan tangapan dan ulasan melalui Google My Business.
Dengan Google My Business ini, anda sedang memasarkan/ mengenalkan usaha anda dalam lingkup lokal. Misalnya ada orang yang sedang mencari jasa di daerah tertentu, maka Google My Business akan mengarahakannya ke penyedia jasa yang ada di daerah tersebut.


agar usaha tampil di pencarian google
Tampil di Google Penelusuran Seluler

Akan tetapi tidak semua jenis usaha cocok dengan Google My Business. Google My Business cocok untuk jenis usaha:

  1. Usaha yang melakukan kontak langsung dengan pelanggan pada jam buka yang telah ditentukan oleh pemilik usaha. Mungkin seperti usaha kuliner, warung bakso, dan sejenisnya.
  2. Usaha yang menggunakan sistem panggilan, misalnya jasa laundry delivery service dan lain - lain.
Google My Business tidak melayani usaha khusus online tanpa ada kontak langsung dengan pelanggan.

Kami juga telah mencoba Google My Business (selain dengan blog) untuk usaha kecil kami Aniah Laundry. Hasilnya sangat membantu dalam mendatangkan pelanggan baru.

Jika sebelumnya hanya dikenal pelanggan sekampung, karena lokasi usaha yang hanya di jalan kampung, maka dengan Google My Business, pelanggan kami bertambah dari luar , area Maguwoharjo. Baik itu delivery service, maupun yang datang sendiri dari jauh.

Jika anda memiliki usaha yang terjadi kontak langsung dengan pelanggan, anda bisa mencoba Google My Business di sini.  Semuanya diberikan gratis oleh Google. Silahkan pelajari selengkapnya di https://support.google.com/business . Jangkau pasar yang lebih luas di wilayah anda sendiri.



Referensi:
https://support.google.com/business
http://business.google.com/website/aniah-laundry/
http://anilaundrymaguwoharjo.blogspot.co.id/2015/12/laundry-kiloan-antar-jemput-maguwoharjo.html

Comments

Post a Comment

Jika komentar anda / jawaban komentar tidak muncul, klik tulisan "loading" atau tulisan "load more" sampai komentar anda muncul. Atau silahkan bertanya lewat "Kontak Kami"
Berkomentarlah dengan kalimat yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Cara Share Lokasi Rumah Saat tidak Berada di Rumah

Panduan Pemasangan Kabel Pada Stop Kontak (Dengan Gambar Step By Step)

Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar

Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Baru

CARA CAT MELAMIN DAUN PINTU

Cara dan Persyaratan Mengurus Pernikahan dan Surat Nikah di KUA Dilengkapi Gambar Alurnya

Kriteria Pemilik KMS (Kartu Menuju Sejahtera) Yogyakarta 2016

Cara Memasang Instalasi Air Bersih di Rumah dengan Pipa PVC

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN